Rabu, 22 Oktober 2014

LANDASAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA

Ø LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA

1.      Landasaan Historis
Secara historis, nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila sebelum dirumuskan dan disahkan secara objektif historis telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri. Oleh karena itu, berdasarkan fakta objektif kehidupan bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai Pancasila.

2.      Landasan Kultural
Nilai-nilai kenegaraan dan kemasyarakatan terkandung dalam sila Pancasila
bukan hanya hasil karya besar bangsa Indonesia, diangkat dari nilai-nilai kultural melalui proses refleksi filosofi para pendiri negara seperti Soekrano, M. Yamin, M. Hatta, sepomo serta tokoh pendiri lainnya.

3.      Landasan Yuridis
Meskipun secara eksplisit mata kuliah Pancasila tidak disebutkan dalam
Undang-undang Sidiknas, namun mata kuliah pancasila adalah mata kuliah yang mendidik warga negara akan dasar filsafat negaranya, nilai-nilai kebangsaan, serta kecintaan terhadap tanah air.

4.      Landasan Filosofi
Pancasila adalah sebagai dasar filsafat negara dan pandangan filosofis bangsa
Indonesia. Oleh karena itu, sudah merupakan keharusan moral untuk secara konsisten merealisasikannya dalam setiap ospek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.








Ø TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA

Pendidikan pancasila bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang
berperilaku, memiliki kemampuan untuk mengambil sikap bertanggung jawab, memiliki kemampuan mengenali masalah hidup dan cara pemecahannya, mengenali perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, dan memiliki kemampuan memaknai peristiwa sejarah nilai budaya bangsanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar