BAB
3
Menggunakan
Teknologi Informasi dalam Menajalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Dalam definisi
luas, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis
komputer, dan antarmuka (interface) sebuah browser. Web akan memenuhi
persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
E-Commerce diluar batas perusahaan
E-commerce
bisnis-ke-bisnis-konsumen (business-to-consumer-B2C) mengacu pada
transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk; e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-in-bussiness-B2B) mengacu pada
transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
Transaksi
B2C melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka yang berada
di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh.
Orang-orang
yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan
sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi
tersebut.
Manfaat-manfaat
yang diharapkan dari E-commerce :
1.
Perbaikan layanan sebelum, selama,
dan setelah penjualan
2.
Perbaikan hubungan dengan pemasok
dan komunitas keuangan.
3.
Peningkatan imbal hasil ekonomis
atau pemegang sahamdan investasi pemiliki.
Kendala-Kendala
E-Commerce
1.
Biaya yang tinggi
2.
Kekhawatiran akan masalah keamanan
3.
Peranti lunak yang belum mapan
Ruang
Lingkup E-Commerce
E-Commerce bersifat
dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa
bulan.
E-Commerce memiliki
arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena
memang menyumbangkan presentasi dolar penjualan dalam jumlah besar dalam
segmen-segmen tersebut.
% E-COMMERCE DARI
TOTAL PENJUALAN
|
||
SEGMEN INDUSTRI
|
2000
|
2003
|
Produksi pakain
|
20%
|
24%
|
Produksi peralatan
transportasi
|
46%
|
50%
|
Distributor kendaraan
bermotor
|
20%
|
25%
|
Distributor obat-obatan
|
40%
|
49%
|
Ritel perjalanan dan
reservasi
|
24%
|
25%
|
Jalan
Menuju E-Commerce
Rencana bisnis
strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih
keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan
bisnis(business intelligence) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami
perananan potensia yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce
guna meraih keunggulan kompetitif.
Inteligensi Bisnis
(Business
Intelligence)
Aktivitas
pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang
berinteraksi dengan perusahaan.
Basis
Data Eksternal
Mesin
Pencari
Suatu
program komputer khusus yang menanyakan
satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini
kemudian mencari isi situs-situs Web di Internet untuk melihat apakah kata atau
kata-kata tersebut terdapat di situs-situs Web tersebut.
Strategi E-Commerce dan Sistem Interorganisasional
Strategi
di mana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik.
Istilah yang sering kali dpergunakan untuk IOS
adalah EDI, yang merupakan singkatan dari Electronic Data Interchange
(pertukaran data elktronik).
Pertukaran data
elektronik adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu system
interorganisasional.
Sistem Interorganisasional
E-commerce
merupakan hal yang fundamental bagi sistem interorganisasional. Tanpa jaringan
komunikasi dan kemampuan pemrosesan komputer, organisasi akan menjadi sebuah
pulau produksi maya, dengan sedikit kemampuan yang dipergunakan untuk jasa dan
produk yang menciptakan vitalitasnya. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas
hambatan bagi sistem interorganisasion. Perusahaan-perusahaan yang
berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis.
Produk-produk
Digital
Produk digital dapat digunakan begitu
selesai di download. Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan
berpindah ke asset pembeliannya. Sebagai contoh, music yang ada download harus
ditempatkan dalam satu file atau pada satu compact disk (CD) atau media
penyimpanan lainnya.
Produk-Produk
Fisik
Barang-barang fisik
tidak dapat dikonsumsi melalui
web sebagai gantinya, harus dikirimkan ke pelanggan. Berkembangnya perusahaan-perusahaan
pengiriman surat atau barang swasta seperti FedEx, JNE dan UPS telah secara
langsung membantu e-commerce eceran.
Penjualan
Maya Versus Campuran
Penjualan
yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat
berjualan fisik.
Pemerintahan
Elektronik
Pemerintah juga
dapat mengambil manfaat dari e-commerce. Satu contohnya adalah Polk
Country di Florida. Kantor Pajak Polk Country menggunakan layanan online untuk
melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak
adalah cara bagi pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang
belum dibayar.
Menggunakan Internet
E-commerce tidak
akan mungkin terjadi tanpa adanya
jaringan yang menghubungkan
pelanggan dengan organisasi. Awal mula Internet dapat ditarik balik hingga
tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET.
Usaha-usaha yang diawali di tahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari
ini sebagai World Wide Web
World Wide Web
World wide web yang
disebut pula sebagai web dan WWW, adalah informasi yang dapat diakses melalui
internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file computer) disimpan
dan kemudian diambil dengan cara-cara
yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik
Terminologi World Wide Web
Standar Internet
Secara
sederhana, Internet dapat digunakan
untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk
komunikasi didalam perusahaan digunakan oleh semua jenis platform computer
tanpa harus melakukan upaya juga lebih mudah untuk dipelajari dan dipergunakan
daripada bahasa query yang normalnya digunakan untuk mengambil informasi dari
basi data. Internet perusahan melalui
jaringan konvensional yang dimilikinya.
E-Commerce
dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Rumah
sakit dapat menggunakan suatu protocol standar seperti internet untuk
menggantikan EDI, yang membutuhkan sambungan yang terpisah diantara setiap
vendor dan rumah sakit. Cap Gemini Ernst & Young telah merangkum suatu
bursa perdagangan klinis (clinical commerce
exchange) yang digunakan melalui internet sebagai ganti dari EDI
Kecepatan
dan kemudahan sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang
kuat untuk perubahan
Dampak
Internet pada Bisnis di Masa Mendatang
Para
pengguna Internet adalah satu kelompok yang beragam. Banyak masih berusia muda,
namun yang berusia lebih tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk
dibelanjakan) memiliki dampak yang substansial pada ramalan ekonomi
e-commercee.
E-commerce
B2B nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah
dan layanan pelanggan yag lebih baik yang dimungkinkan oleh B2B adalah hal yang
membuat organisasi bisnis kompetitif.
SUMBER
McLeod,
Raymond and Schell, George P.2007.”Sistem Informasi Manajemen”.Jakarta: Salemba
Empat. Buku Edisi 9, Bab 3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar