Selasa, 22 Maret 2016

IDE BISNIS

PENGERTIAN IDE BISNIS
Ide Bisnis merupakan titik awal untuk setiap pengusaha saat ini atau masa depan. Hal ini penting karena itu adalah awal dari kehidupan yang baru - suatu kehidupan bisnis dan kehidupan dari seorang pengusaha. Namun, ide yang paling penting hanya dalam tahap awal.
Nah, kita punya ide bisnis dan sekarang pertanyaannya adalah: apa yang harus dilakukan berikutnya? Dalam posting ini, tidak mencakup semua kegiatan kewirausahaan, tetapi hanya apa yang Anda lakukan ketika datang sebuah ide Bisnis yang baik.

1. Tentukan Produk dan Layanan
Setiap bisnis bergantung pada sesuatu yang menjual. Sesuatu yang bisa menjadi produk atau jasa. Sekarang Anda memiliki gagasan yang mendapatkan beberapa jenis produk atau jasa untuk bisnis di masa depan atau saat ini. Hal berikutnya yang harus Anda harus adalah menentukan secara akurat dan jelas produk-produk atau jasa tersebut. Pertanyaan yang akan perlu Anda untuk menjawab adalah:
• Apa produk atau jasa Anda akan menawarkan?
• Apa saja fitur dari produk atau jasa?
• Apa manfaat bagi pengguna potensial dari produk atau jasa tersebut?
• Apa yang akan menjadi layanan tambahan pada produk atau jasa yang ditawarkan?

2. Tentukan Pasar
Anda sudah punya ide Bisnis, dan Anda telah menetapkan produk atau jasa yang akan ditawarkan ke pasar. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan dengan jelas, tepat dan tidak ambigu untuk menentukan pasar yang akan Anda sasar. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang Anda sebagai pengusaha harus menjawab:
• Di mana pasar yang akan Anda tawarkan produk dan jasa (kota, daerah, negara, benua, dll) Anda?
• Siapa yang akan menjadi konsumen dari produk-produk atau jasa Anda (jenis kelamin, usia, pendapatan, etnis)

3. Tentukan Pesaing Utama
Elemen penting berikutnya setelah produk, jasa dan pasar pesaing . Jangan membuat kesalahan dengan meremehkan pesaing, karena keberhasilan bisnis Anda sebagian besar akan tergantung pada kinerja mereka.
Hal ini diperlukan justru untuk menentukan pesaing utama yang sudah bermain di pasar. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang Anda sebagai pengusaha harus menjawab:
• Siapa 5 pelaku pasar terbesar dalam industri di mana ide bisnis Anda berada?
• Apa, di mana dan bagaimana yang 5 pelaku pasar utama tersebut menawarkan produk dan jasanya terhadap konsumen?
• Apa saja fitur kelebihan dari produk atau jasa mereka?
• Apa manfaat yang mereka berikan kepada pasar dengan produk atau jasa kepada konsumen?
• Apa pengaruh dari pasar tentang masuknya pesaing baru dan bagaimana sulitnya untuk dicapai?

4. Tentukan Sumber Daya
Anda sudah punya ide, telah menetapkan produk dan jasa, telah menetapkan pasar di mana Anda akan menawarkan produk-produk dan jasa dan telah menetapkan pesaing utama, dan apa yang mereka lakukan. Sekarang saatnya untuk menentukan sumber daya yang diperlukan jika ingin ide bisnis Anda menjadi kenyataan.
• Berapa banyak sumber daya manusia yang akan dibutuhkan?
• Apa jenis modal intelektual yang akan Anda butuhkan untuk bisnis Anda?
• Berapa banyak sumber daya keuangan yang diperlukan?
• Di mana Anda akan menemukan bahwa sumber daya keuangan?
• Sumber daya material apa yang akan dibutuhkan?
• Di mana Anda akan menemukan sumber daya material tersebut?
• Apa sumber daya informasi yang akan dibutuhkan?
• Apa yang akan menjadi sumber daya informasi untuk bisnis Anda?

5. Setelah ini Apa Selanjutnya?
Selalu akan ada sesuatu yang berikutnya karena Anda adalah seorang pengusaha yang mulai atau sedang memperluas bisnis. Setelah Anda menentukan unsur-unsur diatas, Anda akan memiliki fakta-fakta tambahan, yang harus disertakan dalam penawaran Anda ke pasar.

Langkah-langkah cara pengembangan ide bisnis:
1. tetapkan dengan jelas.
2. tentukan tujuan khusus.
3. setiap karyawan harus memahami.
4. laksanakan sistem pencatatan prestasi.
5. berikan penghargaan kepada karyawan agar prestasi pengembangan ide usaha menjadi obsesi.
6. upayakan karyawan memahami perannya dan berikan kesempatan untuk terlibat.
Sukses Usaha atau bisnis wirausaha sebenarnya tergantung pada pemanfaatan peluang usaha, sumber daya uang, pengembangan ide, para pelanggan, dan waktu yang digunakannya. begitupun dalam proses manajemen usaha dalam mengembangkan idenya meliputi :
a. strategi usahanya.
b. pengelolaan orang dan pemanfaatan peluang usahanya.

Untuk mengembangkan ide usaha diperlukan adanya fakta, data, dan angka yang akan memungkinkan wirausaha untuk mengambil keputusan mengenai pengembangan ide dan pemanpaatan peluang usahanya dalam rangka memperkecil risiko usahanya, antara lain :
a. pengembangan usaha.
b. penambahan pengembangan produk atau jasa.
c. perluasan dan peningkatan saluran penjualan.
d. perluasan dan penambahan pabrik.
e. peningkatan manfaat produk atau jasa dan modelnya diminati konsumen.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar